Informasi Berlebihan

Baru beberapa hari ini saya mulai kecanduan bermain media sosial. Saya sebenarnya sudah beberapa pekan ini berhasil untuk mengurangi sosial media. Untuk ke depannya, saya akan mencoba cara baru untuk mengatasinya.

Bersosial media (termasuk YouTube) memang sangat membantu untuk mendapatkan informasi. Saya termasuk orang yang mampu untuk mengetahui kualitas sebuah informasi. Namun, saya mulai menyadari bahwa permasalahan saya bukan pada kualitas informasi.

Sebagai seorang yang memiliki kemampuan memilih informasi, permasalahan yang saya hadapi ternyata ada pada informasi yang terlalu banyak saya terima. Informasi yang datang bertubi-tubi karena sosial media yang dirancang untuk membuat saya terus untuk bercandu.

Informasi yang bertubi-tubi ini membuat saya kehilangan kesempatan untuk berpikir secara mandiri bukan berpikir seperti apa yang orang tulis dan katakan. Saya kehilangan kesempatan untuk berpikir dengan jernih.

Kita tidak hanya membutuhkan kualitas sebuah informasi tetapi juga ada pada seberapa kemampuan kita mencerna informasi. Jangan sampai karena banyaknya informasi yang dimiliki, justru membuat pikiran menjadi kacau dan tidak nyaman.


You'll only receive email when they publish something new.

More from Jing Xing #100Days Start Again
All posts