Ngobrolin "The Great Show" episode 10

(Artikel ini sudah dipublikasikan pada 04/02/2022)

"Aku jadi tegar karena punya orang yang mendukungku. Terima kasih." Baris dialog sederhana yang mengena.


Dialog di atas dikatakan oleh seorang kakek yang berterimakasih kepada mantan anggota parlemen, Wi Daehwan. Dia mengatakannya setelah mereka berhasil keluar dari kantor polisi. Kakek itu sempat didorong hingga terjatuh oleh pemilik tanah tempat dia mengontrak untuk bisnisnya. Daehwan marah dan memukul tuan tanah itu tanpa pikir panjang. Pihak polisi merasa tindakan itu gegabah dan merupakan tindakan serangan ringan, namun Kang Junho, teman lama Daehwan semasa sekolah, membantu menyelesaikan perdebatan itu dengan menyebutkan bahwa itu adalah serangan dua arah. Junho seorang pengacara, jadi omongannya sangat berarti pada saat itu.

Sebenarnya aku baru pernah memperhatikan drama ini. Baru di episode ini. Tepat di adegan tuan tanah marah kepada kakek itu. Karena temanya politik, aku jadi kurang tertarik ketika melihat iklannya di TV. Tetapi ternyata drama ini tidak seburuk dugaanku. Sebenarnya temanya sangat sarat kritik sosial, tetapi tidak begitu ketara karena dihias humor dan masalah percintaan tokoh utama.

Walau begitu, aku tetap tidak akan melanjutkan nonton drama ini. Paling tidak untuk saat ini. Ya, karena aku terlalu pemikir dan selalu berusaha menemukan maksud tersembunyi dari penulis, jadi drama ini amat terasa berat bagiku. Beda cerita jika aku adalah orang yang hanya melihat apa yang aku lihat. Drama ini akan menyenangkan untuk ditonton karena penuh satir.

Jika kamu suka mengamati budaya bangsa lain, drama ini juga menyajikan hal itu. Budaya yang seperti apa? Budaya yang tidak terlihat menyenangkan untuk dipelajari oleh anak-anak. Bullying, pengkhianatan, taktik politik, strata sosial, semua yang terjadi di kehidupan nyata sehari-hari. Meskipun sudah pasti tidak semuanya terlihat seburuk itu. Namanya juga drama, pasti ada unsur fiksi yang diselipkan.

Kalau kamu bagaimana? Mau nonton drama ini ngga? Atau mungkin ada drama lain yang lebih menarik hatimu?

Kalau sekarang aku lebih senang menonton variety show. Tidak lain karena aku tidak suka berpikir keras saat ini. Lain kali mungkin akan aku tuliskan soal variety show kesukaanku. Sampai jumpa!


You'll only receive email when they publish something new.

More from Kim Lobak
All posts