Masih Mencari Alternatif Blog selain Blogger

(Artikel ini ditulis pada 15/01/2022)

Tanggal 12 kemarin, aku sangat sibuk mencari tahu tentang masalah privasi. Di reddit, banyak sekali postingan yang membuatmu merasa tertekan ketika mengetahui kebenarannya. Banyak orang menyarankan untuk tidak menggunakan Google karena mereka terlalu memonopoli pasar dan memegang semua data para pelanggan. Tanggal 14 kemarin, GDPR, sebuah badan yang mengurusi soal privasi dari Eropa, melarang penggunaan Google Analytics. Situs web yang nekat memakai alat yang dianggap membahayakan pengguna itu akan diblokir dan tidak bisa diakses dari Eropa.

Masalah selalu datang salah satunya ketika kita tahu apa yang kita lakukan ternyata salah. Dan kita masih melakukannya. Aku juga masih menggunakan Google. Mulai dari Android, email, Youtube, semuanya dari Google. Termasuk blog untuk ikut proyek menulis di bulan Februari, aku memakai blogger. Bahkan aku sempat memasang Google Analytics belum lama ini. Langsung aku hapus, sih, tapi kan belum kelar masalahnya sampai situ.

Aku sedang mencari layanan blog yang penyedianya berbaik hati menerapkan bebas biaya tapi tidak membahayakan seperti Google. Ternyata, sulit sekali. Jawaban termudah adalah hosting situs web kita sendiri. Namun aku masih awam dan mungkin butuh waktu lebih lama dari proyek menulis ini untuk mempelajari semua. Jadi secara tidak langsung, aku juga mencari yang mudah untuk diatur dan dapat segera aku gunakan.

Pilihan yang bagus biasanya berbayar. Aku sangat memahami hal ini. Karena menyediakan jasa menampung situs web dengan segala isi-isinya butuh biaya perawatan yang tidak sedikit. Penyedia jasa yang menghargai privasi pelanggan telah berkomitmen untuk tidak menjual data pelanggan ke siapapun. Mereka mendapatkan uang dari komitmen pelanggan untuk membayar jasa mereka, bukan dari iklan.

Memang kenapa kalau dapat biaya dari iklan? Setiap perusahaan iklan pasti harus menemukan target yang sesuai agar dapat menemukan calon pembeli yang banyak sekali tangkap. Bagaimana perusahaan tersebut tahu target yang di sini sesuai dan di sana tidak sesuai, tentu hal itu diketahui dengan pengumpulan data para pengguna internet. Jam berapa kita bangun, ke mana kita siang ini, pesan makanan apa dari Gofood, hingga lagi mupeng sama baju yang mana di Shopee, semua itu bisa Google dapatkan dari kita. Google punya banyak layanan yang selalu kita pakai setiap hari, bukan? Semua aplikasi mereka dapat melacak apa saja yang kita lakukan, lalu mereka akan mengolah data tersebut kepada penyedia iklan. Sebenarnya ada banyak hal lagi yang jauh lebih mengerikan, tetapi aku akan berhenti di sini karena aku masih belum menemukan layanan blog yang aku mau.

Aku sudah melihat banyak blog dan macam-macam pendapat pengguna mereka dari reddit. Kesimpulan dari hasil pencarianku adalah, tidak ada layanan yang sempurna. Tidak bisa juga kita sekonyong-konyong percaya bahwa perusahaan ini dan itu tidak akan menjual data kita. Peraturan nomor satu adalah, jangan sekali-kali mengunggah data pribadi kita ke internet, di manapun yang menurut kita aman jika kita tidak mau data itu menjadi data yang beresiko bocor. Aku sudah berkomitmen untuk menulis apa yang aku rasa masih merupakan hal umum dan tidak begitu personal. Namun demikian, mencari yang cocok dan terbaik memang butuh waktu dan energi yang tidak sedikit. Jika buru-buru dalam hal ini, artinya aku adalah orang yang sembrono. Kemarin sudah kejadian, sih. Aku malah memasang Google Analytics ke blogku... Ya Allah, capek banget sama kebodohan diri sendiri.

Untuk saat ini akan aku sudahi dulu. Mohon doanya agar aku dapat cepat mendapatkan apa yang kubutuhkan, teman-teman. Semoga kalian sehat selalu, ya. Sampai jumpa!


You'll only receive email when they publish something new.

More from Kim Lobak
All posts