Listed, Blog Alternatif Blogger

Setelah bolak-balik dari berbagai situs reddit demi menemukan blog yang setara dengan Blogger tetapi lebih ramah privasi, aku akhirnya menemukan Listed.


Listed adalah layanan blog gratis yang disediakan bagi para pengguna aplikasi catatan StandardNotes. StandardNotes adalah aplikasi catatan yang bersifat Open Source dan memiliki layanan gratis dan premium. Catatan di StandardNotes dijamin aman karena mereka menggunakan sistem enskripsi end-to-end. Namun pengguna juga mesti hati-hati untuk menyimpan detail login, karena jika lupa kata sandi maka akun di StandardNotes tidak bisa dikembalikan. Pengguna bisa langsung merilis catatan mereka ke blog Listed hanya dengan sekali klik. Jadi, tidak perlu repot menyalin lalu menempelkan ke blog jika kita menulis dari StandardNotes.

StandardNotes bisa diakses dari web dan aplikasi dekstop serta Android dan iOS. Aku menggunakan aplikasi web dan dekstop, juga Android. Kalau aku bandingkan dengan OneNote untuk Windows 10, StandardNotes jauh lebih cepat dan tidak berat untuk digunakan. Kalau menggunakan versi StandardNotes yang gratis, memang editor yang ada tidak selengkap OneNote. Tapi tenang, kita dapat mengunduh ekstensi yang dapat meningkatkan pengalaman menulis di StandardNotes. Sejauh ini aku suka ekstensi Rich Markdown Editor (RME). Aku mengunduhnya dari repositori Jon Hadfield. Di link itu pun tersedia tema yang dapat kita pasang. Aku paling suka dengan tema 'Standard Notes Writer' dan 'Gruvbox Dark Theme'.

Aku tahu, tema untuk StandardNotes sangat bagus dan menarik. Akan tetapi, tema untuk StandardNotes tidak bisa digunakan untuk Listed. Aku sendiri menggunakan tema Listed yang dibuat oleh Tim Apple. Aku tinggal menyalin kode CSS yang Tim tulis ke catatanku, lalu klik Publish to Blog. Kita bisa mengatur CSS sendiri seperti ini maupun sesuai dengan apa yang kita suka.

Listed sepenuhnya gratis untuk seluruh pengguna StandardNotes.Kamu tidak perlu langganan dan membayar untuk menulis di Listed. Namun, jika ingin menggunakan domain sendiri, kita harus langganan StandardNotes dahulu.

Di laman beranda Listed, kita bisa melihat blog pengguna lain yang baru merilis tulisan. Karena Open Source, tidak ada iklan di sini. Kita juga tidak perlu khawatir soal SEO atau mengatur tata letak seperti di Blogger. Cukup dengan memilih antara versi 'Default' atau 'Condensed' untuk 'Cover Style'; dan 'Default' atau 'Cards' untuk 'Blog Layout Style', lalu selesai. Jika ingin pengaturan lebih lanjut, kita dapat mengatur CSS sendiri langsung dari catatan di StandardNotes. Tutorial untuk membuat akun Listed dan menggunakannya ada di laman resmi StandardNotes. Situs mereka masih berbahasa Inggris, kamu bisa pakai mesin penerjemah jika kebingungan atau tanya aku di twitter.

Ada fitur asli yang tidak ada di Blogger kecuali jika kita utak-atik dulu, yaitu ‘Subscribe’. Pengunjung Listed kamu dapat berlangganan konten blog kamu. Dari StandardNotes, ada pilihan 'Email Subscribers' alias Kirim Email ke para Pelanggan. Jadi tidak semua postingan di Listed akan terkirim ke email pelanggan tanpa persetujuanmu.

Listed juga memiliki tab 'Guestbook' dan 'Thank'. 'Guestbook' berguna bagi pembaca blog Listed yang ingin meninggalkan jejak mereka di situ. Sedangkan fitur 'Thank' berguna untuk menyematkan situs pembayaran seperti Paypal, Patreon, dan Saweria agar jika ada pembaca yang berkenan, mereka bisa mendukung penulis dalam bentuk uang.

Listed juga tidak butuh akun Gmail. Bagi kalian yang sedang mengikuti gerakan 'deGoogle', tentu hal ini akan sangat menguntungkan sekaligus membuat tenang. Aku sendiri menggunakan email alias, yaitu email yang dibuat terpisah agar menutupi email yang asli, tetapi penerima pesan tetap email yang asli. Hal ini penting untuk menjaga privasi di internet yang semakin hari semakin menjadi sesuatu yang mahal.

Listed memiliki fitur arsip seperti di Tumblr yang bisa melihat seluruh kiriman kita yang memperlihatkan judul dan paragraf pertama. Sekilas memang terlihat seperti laman Blogger yang biasanya, hanya saja ini berisi seluruh tulisan kita. Kalian bisa akses melalui link listed.to/@(username)/all. Baik bagi yang menggunakan layout 'Condensed' dan 'Cards', fitur ini memudahkan pembaca untuk menemukan tulisan yang dicari.

Kekurangan Listed dibanding Blogger adalah untuk saat ini dia belum ada aplikasi untuk Android dan iOS, dan kita juga tidak bisa merilis catatan menjadi konten blog dari ponsel. Jadi harus dari dekstop dan situs web. Kalau dari situs web ponsel aku sendiri belum mencoba. Buatku pribadi ini bukan masalah besar karena aku lebih suka menulis konten blog di laptop. Jauh lebih mudah untuk mengetik dan menyunting dari layar yang lebar.

Listed tidak ada fitur label seperti di Blogger. Kalau dipikir-pikir, aku jarang sih menggunakan fitur ini ketika mengakses blog pribadi. Sebagai ganti label, kalian bisa membuat halaman terpisah yang akan berdampingan dengan link di pojok kanan atas.

Kamu tidak akan menemukan opsi menambah gambar secara otomatis di Listed. Tapi tenang, cukup salin kode ini saja ![Moon Sehoon](URL) dan ganti tulisan Moon Sehoon serta URL dengan deskripsi dan link gambar yang kamu mau tampilkan. Fitur menambah gambar di Listed sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kalian juga bisa memasukkan link dengan markdown seperti [ini deskripsi](inilinkdotcom).

Listed juga sepertinya tidak muncul di hasil pencarian internet, atau mungkin membutuhkan waktu yang lama agar masuk indeks situs pencarian. Aku kurang tahu akan hal ini. Yang kutahu pasti, ketika aku mencari nama Listed-ku, aku belum dapat menemukannya di mesin pencarian. Mungkin karena ini mereka menyediakan fitur ‘Subscribe’. Dengar-dengar, sih, mendapatkan banyak pelanggan yang subscribe blog kita jauh lebih baik daripada mengharapkan pengunjung random dari situs pencarian.

Sejauh ini, aku sangat puas dengan Listed. Aku tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana aku harus meletakkan label di sini dan laman kontak di sana. Mengatur CSS pun sangat mudah, tidak seperti di Blogger yang masih cukup ribet karena banyak peraturan yang mereka sematkan.

Listed sepertinya ditujukan untuk penggunaan pribadi, tetapi aku juga melihat cukup banyak perusahaan yang menggunakan Listed untuk blog mereka. Tata letak Listed yang rapi juga membuat kita fokus dengan tulisan sekaligus memberi semangat untuk menulis, karena mereka memperlihatkan orang-orang yang juga suka menulis di laman beranda.

Listed punya tantangan #100dayswriting juga, lho. Kalian bebas ikut tantangan itu kapan saja, bisa cek 100 Day Writing Challenge untuk lebih jelasnya. Jadi, gimana, kalian sudah tertarik belum buat pakai Listed?


You'll only receive email when they publish something new.

More from Kim Lobak
All posts