Ngobrolin "Closer", lagu Oh My Girl

Oh My Girl adalah salah satu grup wanita di Korea Selatan. Mereka sudah debut sejak tahun 2015. Oh My Girl beranggotakan 7 orang, dengan rentang umur dari kelahiran 1994 hingga 1999.


Dari sekian banyak lagu Oh My Girl yang banyak didengarkan orang, aku masih paling suka dengan lagu mereka di tahun-tahun awal karier, yaitu “Closer”. Lagu ini punya kesan yang kuat. Baik dari lirik, musik, hingga suara para member yang menyanyikan. Tarian untuk musik ini juga sangat adiktif untuk dilihat. Andai aku bisa menari, akan aku tiru tarian lagu ini setiap hari.

“Closer”, ketika aku pertama mendengarnya, memberi kesan misterius yang kuat. Namun suara para member Oh My Girl memberi sentuhan yang manis. Jujur, kadang aku masih suka merinding ketika mendengar lagu ini. Meskipun aku tidak tahu arti lirik “Closer”, dan hanya bisa mengerti lirik “Can you hear me cry?”, aku tidak pernah bosan untuk mengakuinya sebagai salah satu lagu favorit.

Kebetulan, beberapa waktu yang lalu aku kepikiran lagu ini. Dengan semangat aku nyanyikan “Closer” dengan lirik yang amburadul. Karena penasaran, aku pun membuka aplikasi alternatif Youtube, NewPipe, untuk mencari lagu “Closer”. Hasil paling awal adalah video tarian Oh My Girl untuk lagu “Closer” dengan latar belakang pepohonan yang diterpa sinar matahari. Kedelapan member menggunakan pakaian berwarna putih yang sangat cocok dengan konsep misterius sekaligus anggun yang kurasakan dari lagu ini. Aku bilang delapan member, karena mantan member yang keluar karena alasan kesehatan, Jin-E, masih ada di era “Closer”.

Aku tidak begitu hapal video musik “Closer” yang asli. Jadi saat melihat video versi pertunjukkan tarian, aku benar-benar terkesan. Aku sangat menyukai ekspresi wajah Oh My Girl. Dingin, namun tertimpa sinar matahari. Wah, bagaimana aku menjelaskannya dalam kata-kata, ya?

Dari situ, aku menjadi tertarik menonton video musik lain Oh My Girl. Aku menonton “Nonstop”, “Dun Dun Dance”, dan “The Fifth Season”. Terakhir, aku menonton “Secret Garden” versi “Queendom” yang baru mereka tampilkan di konser K-CON:TACT 4 U sehari yang lalu.

Wah, aku baru tahu mereka tampil di Queendom. Tak lama aku pun menonton episode pertama Queendom. Hahaha. Oh My Girl tampak sangat cantik di acara tahun 2019 itu.

Aku berharap, Oh My Girl akan menampilkan “Closer” juga di Queendom. Jika sudah ada yang menonton, tolong jangan beri aku spoiler, ya. Penampilan Mamamoo dan Park Bom saja sudah membuatku merinding. Sungguh tidak sabar menantikan penampilan Oh My Girl di episode selanjutnya.

Dengar-dengar, dan aku lihat juga, konsep lagu Oh My Girl yang paling dekat dengan “Closer” adalah “Secret Garden” dan “The Fifth Season”. Keduanya sama-sama memberi kesan anggun yang misterius. Tetapi, “Closer” tetap menjadi juara bagiku. Aku sangat suka semua aspek dari lagu ini, walaupun sampai detik ini aku tidak juga mencaritahu arti lirik lagu “Closer”. Ya, mencintai tidak harus mengenal, kan? Eh, tentu berbeda jika konteksnya mencintai anak manusia.

Edit:
Bagi siapapun yang mau lihat versi "Closer" tahun 2021:


You'll only receive email when they publish something new.

More from Kim Lobak
All posts