Ngobrolin Bunga Daffodil (Narcissus)

Kalau dengar bunga, biasanya aku lebih sering dengar bunga mawar. Bentuk bunga yang aku tahu juga cuma mawar. Mawar merah, biru, putih. Suatu hari aku ingin mencari foto baru untuk foto profil. Jadi lah aku iseng cari “bunga Jepang apa aja” di Duck Duck Go dan klik situs pertama. Gambar kedua adalah bunga Daffodil yang berasal dari genus Narcissus.


Bunga daffodil cr: Henry Hartley

Cr: Henry Hartley

Daffodil hanya berbunga saat musim semi. Di banyak negara, daffodil kebanyakan memiliki arti keberuntungan dan suka cita. Di China sendiri, bunga daffodil selalu mekar saat tahun baru Imlek. Maka bunga ini menjadi simbol resmi saat hari Imlek tiba.

Pernah dengar bunganya para sastrawan? Di Inggris, para sastrawan banyak yang menyukai daffodil. Salah satu nama besar yang mencolok adalah William Shakespeare. Di sastra Persia, bunga daffodil dikatakan mirip dengan mata cantik. Walaupun ada jenis dari Narcissus yang diasosiasikan dengan buka kematian karena bentuknya yang menunduk, lebih banyak jenis Narcissus yang dicintai orang-orang di banyak negara. 1

Dari mitologi Yunani, Narcissus dikaitkan dengan seorang lelaki tampan yang jatuh cinta kepada dirinya sendiri karena ketampanannya. Ada sebuah syarat atas ketampanan dan keabadian Narcissus, dia tidak boleh melihat bayangan diri sendiri. Suatu hari Narcissus sedang berburu dan Echo yang seorang peri jatuh cinta kepadanya. Tapi Narcissus menolak cinta Echo hingga Echo bersedih dan yang tersisa hanya suaranya. Dewi Nemesis marah dan memikat Narcissus ke depan danau. Saat itu lah, Narcissus tidak tahan melihat bayangan diri sendiri dan jatuh cinta. Tetapi dia akhirnya mendapat hukuman dan langsung menghilang tanpa jejak. Tempat dia berdiri dekat danau tumbuh bunga yang akhirnya dikenal sebagai bunga Narcissus.2

Daffodil untukku sendiri adalah jatuh cinta pada pandangan pertama. Bentuk kelopak yang melekuk cantik dan memiliki warna terang benderang amat tampak indah bagiku. Daffodil lebih terlihat indah jika difoto dari tengah, jadi bagian pusat bunga (apa namanya?) tampak seperti memiliki tinggi yang sejajar dengan kelopak bunga. Bunbga daffodil banyak yang berwarna putih, oranye, dan kuning. Jika sudut pandangnya tepat, entah difoto sendiri ataupun berkelompok, bunga daffodil akan terlihat sama indahnya.

Aku cari-cari, di Indonesia katanya memang jarang ada bunga daffodil. Jadi sepertinya tidak aneh ya kalau aku baru tahu juga? Selain bunga mawar, aku kadang dengar bunga anggrek, tapi bentuknya aku tidak tahu. Tadinya aku kira Narcissus itu bahasa Indonesianya adalah bunga anggrek, tetapi aku teringat bunga anggrek katanya adalah pinang yang butuh induk. Haha, begini lah kalau ngga ingat pelajaran pas SMP dulu. Jika diterjemahkan ke penerjemah daring, yang tertulis malah bunga bakung. Tapi, aku sudah cek, genus bunga bakung bukan Narcissus.

Saat ini aku memasang foto bunga daffodil sebagai latar belakang dekstop. Aku sempat baca bahwa bunga ini memiliki efek penenang jika digunakan untuk keperluan medis. Tapi buatku sendiri, cukup memandang foto indah bunga daffodil juga sudah membuatku merasa tentram. Entah lah, ada keindahan yang tidak bisa aku jelaskan lebih lanjut. Tapi aku tahu aku sangat menyukai foto bunga daffodil kapanpun aku melihatnya.

Mari, aku tunjukkan foto-foto lainnya.

Bunga daffodil cr: Gardening Know How

Cr: Gardening Know How

Bunga daffodil cr: Dallas Arboretum

Cr: Dallas Arboretum

Bunga daffodil cr: Caribbean Garden Seed

Cr: Caribbean Garden Seed

Bunga daffodil cr: Courtney Weber di Patheos

Cr: Courtney Weber di Patheos

Bunga daffodil cr: Darius Rad

Cr: Darius Rad

Itu dia beberapa foto bunga daffodil yang aku suka. Untuk saat ini aku paling suka dengan foto terakhir. Bikin rileks banget melihat foto itu di layar besar.


You'll only receive email when they publish something new.

More from Kim Lobak
All posts