936 Hari Absen Menulis

Aku terakhir menulis pada tanggal 28 Februari 2022. Menurut hasil pencarian Google, sudah 936 hari lamanya telah berlalu hingga hari ini. Sudah 936 hari aku tidak menulis. Parah.

Tadinya aku berpikir untuk menebus kesalahan, seperti menulis beberapa tulisan untuk menambal hari-hari yang terlewat itu. Akan tetapi, aku tidak menyangka jumlahnya mencapai 936... Selama itukah aku bisa bertahan hidup tanpa menulis?

Sejujurnya, banyak sekali yang telah terjadi dalam hidupku. Tentu saja, 936 hari itu sudah 2 tahun lebih. Lewat dikit malah bisa 3 tahun. Tapi aku tidak mau absen selama itu. Meskipun sekarang sedang menahan kantuk, aku tetap usahakan menulis. Tidak apa tidak sempurna, lagi pula siapa sih yang mau baca tulisanku selain aku, saya, dan diriku?

Hmm...

Bagaimana, ya, cara untuk menulis 936 tulisan dalam satu bulan?

Apakah memungkinkan... atau sebaiknya aku tulis dalam 3 bulan?

Haha. Tidak masuk akal. Bisa-bisa aku berhenti menulis kurang dari seminggu.

Sudahlah, tidak perlu diteruskan pemikiran yang kurang efisien itu. Hal yang penting adalah, aku sudah kembali sekarang. Aku akan menulis lagi, mencoba untuk menjadi diriku sendiri. Mencoba untuk memahami diriku sendiri. Mencoba untuk selesai dengan diri sendiri.

Tujuannya... tentu untuk mencapai salah satu proyek seumur hidupku nanti. Bicara tinggi begini seakan-akan aku sudah punya daftar proyek apa saja yang aku punya, padahal mah tidak ada. Hanya saja proyek itu selalu terpikirkan olehku setiap kali aku membuka media sosial. Entahlah, mungkin efek naluri manusia di usia 20-an.

Mungkin segini dulu spoilernya, ya? Kutulis besok lagi, supaya tidak kehabisan bahan. Sampai jumpa.


You'll only receive email when they publish something new.

More from KIM
All posts