Pembelot Kelewatan #7

Beberapa bulan terakhir ini, saya selalu menikmati konten-konten yang berbau kritik negatif. Di YouTube misalnya, saya sangat tertarik dengan konten-konten berbau politik. Selain itu, saya pun juga mulai menulis tentang politik di blog utama saya.

Setelah begitu lama, akhirnya saya menemukan bahwa ada hal yang seringkali mereka orang "kritis" lupa atau mungkin mereka terlewatkan. Hal itu adalah mendukung mereka yang tidak mereka suka. Seringkali, mereka yang berbeda pandangan hanya sebelah mata. Mereka tidak mencoba untuk melihat hal yang lebih luas dan saling mendukung satu-sama lain.

Kita terperangkap dalam sebuah keyakinan bahwa suatu pandangan itu harus saling diperbenturkan untuk menemukan hal yang lebih baik. Dan ini adalah sebuah hal tampaknya bagus namun sangat melelahkan. Siapa orang yang mau terus bermasalah terhadap apa yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan.

Seperti halnya para mahasiswa misalnya, mereka terlalu sibuk mengkritik pemerintahan dan mengapa mereka tidak mencoba untuk mendukung pemerintahan. Sudah sebaiknya kita ini tidak hanya sekedar saling mengkritik tetapi mencoba retorika baru yaitu mengkritik dan tetap mendukung satu sama lain.


You'll only receive email when they publish something new.

More from Jing Xing #100Days Start Again
All posts