Bahasa Asing Saling Mengganggu #30

Pikiran saya sedang kacau dan ini sepertinya diakibatkan karena bahasa-bahasa yang saya pakai sehari-hari.

Saya menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia untuk berkomunikasi di dunia nyata. Saya memakai bahasa Inggris dan Rusia untuk melihat konten-konten di dunia maya. Sementara itu, saya memakai bahasa Arab ketika sedang beribadah.

Mungkin pada sebagian hal tidak terlalu bermasalah tapi yang paling tampak bermasalah adalah bahasa Inggris dan bahasa Rusia saya. Dua bahasa ini bukan lah bahasa yang biasanya saya pakai dan sekaligus belum saya kuasai sempurna sehingga jika ada permasalahan akan sangat terasa.

Saya sedang merasakan bagaimana kemampuan bahasa Inggris saya berkurang sejak saya semakin banyak menelan konten-konten berbahasa Rusia. Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris saya mulai menumpul. Selain itu, ungkapan2 bahasa Inggris mulai pergi di kepala saya dan berganti dengan ungkapan-ungkapan bahasa Rusia.

Proyek tuliasn saya tentang Navalny sudah lebih dari dua pekan dan belum kelar. Saya sudah memiliki ide di kepala tapi kenapa ketika menuliskan dalam bahasa Inggris, otak saya tidak se-encer dulu.

Pada akhirnya, saya menikmati saja apa yang terjadi.


You'll only receive email when they publish something new.

More from Jing Xing #100Days Start Again
All posts