Belajar Programming Lagi

Tahun 2019 adalah tahun yang produktif bagi saya dalam mengenal bahasa programming, mulai dari scripting bash, bahasa python dan sedikit javascript. Sampai saya bisa membuat beberapa script baik dalam bahasa bash maupun python yang membantu pekerjaan yang dulunya sering saya kerjakan melalui excel tapi lewat pengetahuan bahasa programming bisa dengan mudah mendapatkan shortcut.

Walaupun tak seintensif tahun 2019, mulai tahun 2020 saya juga mulai banyak memahami bagaimana logika pemrograman. Tapi sejak awal 2021 belum ada sama sekali saya belajar bahasa programming padahal kalau bisa dibilang ilmu saya masih sangat dangkal. Mungkin karena awal 2021 ini cryptocurrency lagi dalam keadaan bull market jadi saya fokus dibidang tersebut dulu.

Baru ketika ada tanda-tanda bear market diakhir Ramadhan 1442 ini saya mulai lagi melirik blogging dan programming. Tapi sekarang saya lagi mulai menggandrungi front-end programming karena tertarik untuk meng-cloning website-website yang bagus ke theme statik cms yang saya sukai yaitu Hugo dan HTMLy.

Blog Hugo saya yang anyar putraeka.eu.org menggunakan theme dari repository Hugo dan dibuat oleh mahasiswa China yang lagi belajar di Spanyol. Saya melihat theme-theme Hugo maupun Hexo buatan designer China bagus-bagus hasil desainnya. Melihat hal tersebut saya jadi terpacu untuk paling tidak bisa meng-kloning theme web lain dan pada akhirnya bisa membuat theme original sendiri.

Saya sendiri sudah dua kali meng-kloning theme HTML ke platform blogging, beberapa saat yang lalu waktu platform blog wagomu masih aktif salah satu blog saya yang beralamat di bangeka.wagomu.id memiliki theme unik khusus wagomu buatan sendiri. Saat mengerjakan script web statik dari bashblog saya juga membuat porting theme hacker.

Jadi mulai hari ini saat posting ini dibuat saya mulai belajar lagi HTML5, CSS3, dan Javascript. Semoga diakhir tahun sudah bisa porting beberapa theme dan membuat theme sendiri.

More from Eka Notes
All posts