597

Setelah nyelesaiin hari ini, aku tiba-tiba ngerasa aneh sama diri sendiri. Mungkin karena setertutup itulah aku sekarang sampe-sampe aku berusaha ngehibur diri sendiri terus.

Kehidupanku beda sama anak-anak lain di sekitar sini. Ya itu gapapa, hal yang lumrah dan normal. Tapi aku ngerasa kehidupanku sangat-sangat jauh berbeda, terlalu beda sampe-sampe aku sendiri heran. Di saat orang-orang lain pada sibuk ngelakuin aktivitas di luar, aku cuma berani hidup di dalem kamarku aja. Jangankan aktivitas di luar, ngedeketin orang buat gabung aja aku takut. Jujur, nyaliku seketika ciut pas di depan orang banyak. Masa kecilku beda sama yang lain, penuh dengan rasa trauma. Rasa itu membekas sampe aku udah gede gini. Andai traumaku ini bisa sembuh sendiri.

Aku lebih nyaman kerja sendiri atau sama beberapa orang, tapi gak banyak. Yah mungkin paling banyak 4 orang lah. Kalo lebih banyak dari itu, aku angkat tangan. Aku sering banget nyiptain kebahagiaanku sendiri, tapi pas liat orang lain, seketika aku ngerasa kebahagiaanku nggak sebagus itu.

Aku lumayan capek sama batasan yang selama ini ditetepin ke aku. Emang aku kadang nggak perlu ikutan semua cara bahagia orang-orang lain, terutama yang (aku ngerasa) ga baik. Tapi boleh gak sih aku tetep nyoba beberapa hal yang diluar batasku? Aku kadang sedih dengerin orang lain cerita kehebatan mereka, jadi nurunin tingkat kepercayaan diriku. Kalo ditanya apa aku pernah ngelaluin hal ini-itu dan aku jawabnya gak pernah, aku ngerasa terpojokkan.

Aku kehilangan orang yang bisa aku ajak ngobrol di kehidupan nyata. Di kehidupan maya juga meski banyak temen, gak tau juga bisa cerita ke siapa. Apa aku harus ngelakuin hal-hal negatif di luar batasanku juga supaya aku bisa punya banyak temen? Semoga aja nggak. Jangankan temen, sama keluarga aja aku kurang deket huhuhu. Itu emang gara-gara aku jarang ikut acara keluarga sih. Bener, nggak semua sifat dari orang-orang itu baik, tapi mungkin aku harus belajar nerima itu.

Aku tiba-tiba keinget orang yang aku temuin tahun lalu. Dia beberapa tahun lebih muda dari aku, tapi menurutku dia udah hebat banget karena punya skill bersosialisasi yang jauh lebih banyak daripada aku. Kagum banget sama dia, kok bisa gitu ya? Kapan kita bisa ketemu lagi? Aku pengen banget jadi kayak dia, bisa gampang berbaur gitu.

Kayaknya jadi introvert ga berguna banget ya di sini. Semua hal harus sama-sama orang lain. Tingkat bermasyarakatnya harus tinggi, kurang cocok buat aku yang sering capek buat bersosialisasi. Terlalu sibuk sendiri, sampe-sampe pas keluar kaget banget orang-orang udah pada ngejauh.

Yah biarpun aku orangnya kayak gini, semoga di lain kesempatan ada jalan buat bisa belajar bersosialisasi di lingkaran pertemanan yang tepat.

2024.02.17 22:18 GMT+8
dps-idn
signnd.

More from signed
All posts