s

signed

22 yo, he/him. Personal feelings and random useless notes mostly written in ID.

640

Pakkkk aku tiba-tiba overthinking sama isi dunia ini. Jadi kan aku independen-independen gini tetep aja mau gak mau jadi bagian dari keluarga besar ya. Apalagi di sini tuh banyak tradisi, banyak upacara yang unik. Aku sebenernya sering ngerasa bangga kalo diikutsertain di acaranya. Ini harus dilanjutin, selain jadi daya tarik banyak manfaatnya juga. Tapi tapi... Seringkali aku ga punya kenalan kalo ada acara tuh. Mau ngobrol tapi ga tau mulai dari mana, rasanya suaraku kecil banget kalo udah di...
Read post

626

Sepertinya ada yang salah sama aku, atau lebih tepatnya ada yang salah sama caraku berekspektasi. Aku ngira diriku bakal bisa ngelakuin hal sebanyak itu dalam 24 jamku, nyatanya di malem ini aku cuma merenung mikirin "tadi aku udah ngapain aja ya? Selama ini aku udah ngapain aja buat ngembangin diriku?". Terus aku mulai nyesel kenapa tadi gak ngasi manfaat buat diri sendiri. Besoknya bangun pagi, ngehibur diri dengan scroll sosial media, berangkat kerja tapi sampe tempat kerja tetep berusaha n...
Read post

597

Setelah nyelesaiin hari ini, aku tiba-tiba ngerasa aneh sama diri sendiri. Mungkin karena setertutup itulah aku sekarang sampe-sampe aku berusaha ngehibur diri sendiri terus. Kehidupanku beda sama anak-anak lain di sekitar sini. Ya itu gapapa, hal yang lumrah dan normal. Tapi aku ngerasa kehidupanku sangat-sangat jauh berbeda, terlalu beda sampe-sampe aku sendiri heran. Di saat orang-orang lain pada sibuk ngelakuin aktivitas di luar, aku cuma berani hidup di dalem kamarku aja. Jangankan aktivit...
Read post

595

Tiap kali aku udah ngerasa nyaman dan percaya sama diri sendiri, biasanya tiba-tiba ada aja hal yang bikin aku down. Aku diingetin lagi kalo aku masih punya banyak kekurangan, masih banyak hal yang bisa dan harus aku perbaiki. Kadang bisa aku ubah, kadang nggak. Aku udah berusaha nguatin diri, eh malah tetep dilemahin. Aku berusaha nunjukin keunggulanku, eh tiba-tiba kekuranganku mencuat ke permukaan dan bikin aku gak nyaman. Aku sering mikir juga, apa orang-orang masih bisa nyaman deket-deket ...
Read post

571

Kira-kira bapak yang mau aku cari bisa aku temuin gak ya.... Disuruh nanya terus. Tiap hari bilang hal yang bikin aku capek. Kalo aku ke sana mau nanya apa? Emang iya aku belum ada kepastian di sini? Aku bisa nunggu, tapi orang tuaku nggak sabaran. Bisa ya aku sesantai ini jalanin hidup... Udah 3 bulan sejak aku wisuda, tapi aku belum bisa ngasi hasil. Aku cuma mau nyari tempat di mana aku bisa ngerasa baik secara fisik dan mental. Semua pertanyaan dari keluarga cuma bikin aku semakin bertanya...
Read post

567

Udah boleh ya aku kilas balik di tahun ini? DI awal tahun, aku bilang kalo this is gonna be my make or break year. Did I made it? Yes. Did I broke it? Also yes. Tahun ini aku nggak bisa kenal orang sebanyak tahun-tahun lalu, mainly karena aku udah selesai kuliah. Mungkin di tempat baru ini harusnya kalo aku easygoing, aku bisa kenal lebih banyak orang lagi. Sayangnya nggak, aku nggak se-seamless temenku yang lebih muda dari aku dalam hal bergaul :,(( ah aku jadi inget ini lagi kan. Kok aku sus...
Read post

548

HAHAHAHAHAHA sudah genap 3 minggu aku nganggur. Bingung juga sih rasanya aku harus menikmati masa-masa tidak produktif ini karena mungkin nanti nggak akan sebebas ini, tapi bingung juga kalo besok bangun pagi mikir kenapa ya aku masih di sini? Harusnya kan aku kerja? Wkwkwkwk terlalu fokus sama proyek di kampus, sampe-sampe kehidupan setelah kuliah nggak aku pikirin. Padahal udah ada gap 2,5 bulan antara waktu setelah aku nyelesaiin TA dan wisuda, tapi aku terlalu leha-leha saat itu. Yah proyek ...
Read post

547

Baru ngerasain kesepian lagi setelah berbulan-bulan kemarin lumayan banyak ketemu orang baru. Maaf ya kalau misalnya selama ini aku jarang merhatiin kalian, aku juga jarang merhatiin diriku sendiri. Maaf ya kalau aku keliatannya kurang dengerin kalian, aku masih berusaha buat jadi pendengar meski kalian jarang dengerin aku (dan mungkin kalian belum tau kalo aku pengen banget denger cerita kalian). Aku jadi susah berekspresi gara-gara jarang didenger. Heck, aku mikir kata-kata di sini aja udah ...
Read post

526

Aku yakin tulisan ini cuma bakalan dimengerti 0.1% pembaca. Tapi gapapa, ini cuma hasil dari ketikan random doang kok hehe. Wah jam segini udah ngelamun, apalagi kalo ngeliat orang-orang rame di antara kesendirian. Apa yang mereka ramein? Ntar aku bakal bisa jadi bagian dari mereka ga ya? Apa aku berani? Katanya mumpung masih hidup, banyakin manfaatnya dalam hidup ini. Aku perlu belajar terus. Jangan diem kek kemaren-kemaren. Waktuku rasanya kurang, gampang abis. Dari tadi aku ngapain aja ya...
Read post

521

Beberapa hari yang lalu aku ulang tahun. Salah satu doa yang paling sering aku denger yaitu semoga panjang umur. Jujur banget, bukannya aku gak bersyukur, tapi aku kesel dikit kalo ada orang yang doa gitu. Aku udah mau ngakhirin hidup dari sekian lama, putus asa banget, pengen ngilang. Aku sekarang ga tau hidupku mau jalan ke arah mana. Yah ngerasa putus asa. Tapi, nyatanya, aku masih di sini. Aku masih bisa ngelanjutin jalanku. Aku perlu mulai membuat diri ini bermanfaat, aku juga harus nye...
Read post

519

Yah akhir-akhir ini aku cukup banyak nerima omongan dari orang lain yang bikin sakit hati. "Kamu ga bisa gini, kenapa nekat buat jalanin ini?" "Kamu ga punya apa-apa, mau ngapain?" "Kok bikinanmu ga bagus? Bikin yang bener lagi!" Masih ada beberapa yang lain, tapi udah aku lupain. Omongan-omongan yang kayak gitu bakalan aku pikirin cuma 10 menit setelah aku terima, setelahnya ya udah I let it go aja, keburu sibuk urusan lain. Mungkin kesannya agak gimana gitu, tapi aku ngerasa aku nggak perlu...
Read post

493

Aku ngerasa gagal ngejalanin hari ini, belum berhasil nyelesaiin satu hal pun. Dari tadi aku ngapain aja ya? Pagi-pagi ngeladenin adik tingkat buat tugasnya, tapi aku agak ngang ngong ngejelasinnya. Akhirnya dia konsultasi sama temenku yang lebih tepat dan bisa ngejelasin sesuatu. Tolonglah gimana caranya biar aku bisa lancar ngomong???!?!? Oh noooooooo Terus aku nyoba ngejalanin program lagi, tapi hasilnya masih begitu-begitu aja soalnya aku belom ngatur ini-itu. Belom ada niat buat benerin. ...
Read post

467

Orang-orang yang pernah aku kenal sekarang lagi pada ngapain ya? Pasti lagi pada ningkatin kualitas diri. Atau lagi istirahat setelah kerja keras. Atau mungkin lagi nikmatin hidup. Aku di sini, sekarang lagi libur ngabisin waktu di rumah doang, di kamar aja, nggak kemana-mana. Waktunya gak berasa banget. Terlalu sibuk mantau proyek TA, sampe-sampe udah males ikutan yang lain-lain. Aku kayaknya salah nyampingin semua urusan gitu aja. Aku masih begini-begini aja guys. Belum berkembang banyak. I...
Read post

463

Jam segini aku udah matiin lampu kamar, rebahan di tempat tidur. Malah gabut gak ngapa-ngapain aku wkwk. Aku bisa aja running proyekku lagi, tapi takut ntar aku ngantuk terus bablas tidur lagi. Lagian juga laptopku perlu istirahat juga, kasian dia running terus, aku biarin panes dalam jangka waktu yang lama. Kalo hidup seharian kan tambah stres ya dia. Mudah-mudahan masih kuat sampe aku ketemu kerjaan ya hehe. Aku sempet mikir, ini yang aku kerjain sia-sia gak sih? Aku ngejalanin ini bakalan be...
Read post

461

2016-17, kakak-kakakku masih pada di sini, tapi pas sehari sebelum nyepi mereka pada ngumpul ke balai banjar buat ikutan jadi bagian dari parade ogoh-ogoh. Sebutan prosesinya tawur agung, atau lebih sederhananya pangerupukan. Balai banjar itu... Hmmm apa ya sebutannya? Mungkin sama dengan balai RT/RW. Kakak-kakakku ikutan sama orang-orang sana. Aku ada sedikit rasa pengen diajak. Ditambah lagi temen-temen di sekolah sebagian pada ikutan pawai itu juga, pada ngomongin juga, pada punya pengalaman...
Read post

456

Sekarang aku ngerasa nyesel dan kesel sama diri sendiri kalo satu hari, terutama hari weekday nggak nyelesaiin sesuatu. Mungkin ini hal yang bagus, atau mungkin juga nggak. Umur segini udah mikir, orang-orang lain pada sibuk kerja, sibuk bikin ini-itu, aku di sini-sini aja. Orang-orang sini gak berkembang, aku jadi ikutan. Capek ya, ngurus diri sendiri aja belom selesai, ini udah harus ngurus orang lain. Kerjaan sendiri gak kelar. Pikiran kacau. Waktu kebuang sama hal yang nggak ada hasilnya b...
Read post

390

Benci banget kalo kedatengan rasa males. Apa-apa jadi gak maksimal. Hal yang harusnya bisa aku kerjain jadi kejegal rasa males. Kenapa rasa males harus muncul? Ya gara-gara lingkungan sekitar gak mendukung. Kenapa lingkungan gak mendukung? Karena sendirinya gak mau blend in sama lingkungan. Kenapa gak mau blend in sama lingkungan? Karena trauma sama apa yang dilakuin orang-orang dulu. Gitu aja terus. Tapi jangan lah. Aku paling gak suka, kenapa rasa ketakutan itu nutupin diriku. Aku benci...
Read post

378

Oke... Aku tidur dulu apa ngestabilin mood dulu nih? Ya udah, aku tuangin aja apa yang aku rasain sekarang ya biar plong. Tadi aku keluar, emang niatnya buat ngibur diri, kapan lagi kan bisa nikmatin euforia ultah kampus. Tapi di sana aku cuma sendirian, nggak ada diajak siapa-siapa, mau join sama orang lain nggak tau mau nambahin apa ke obrolan mereka. Tadi ada yang ngajak ngobrol, pikiranku malah kalut anjer. Keliatan banget kalo aku nggak siap buat interaksi spontan, nggak pernah interaksi s...
Read post

363

"kamu lain kali kalo jawab pertanyaan tuh langsung ke poinnya ya, jangan muter-muter! Jawabanmu tadi tuh nggak ngejawab pertanyaan saya lo." Siapa yang benci jawaban muter-muter tapi sendirinya suka jawab muter-muter? Oh itu aku juga ☝️☝️apalagi kalo panik pas kemaren dicecer pertanyaan dari dosen. Duhhh mana aku keliatan kagok lagi. Kenapa ya aku nggak pinter-pinter. Ya ampun aku butuh kepintaran, kecerdasan, kemampuan untuk berpikir jernih dan tepat. 2023.01.08 05:16 GMT+8 DPS-IDN signnd. ...
Read post

362

Siapa yang jago ngetik tapi gak jago ngomong? Ya aku. Kalo ada orang yang liat tulisanku, terus bandingin sama cara aku ngomong di dunia nyata mungkin bakal kaget banget. Ya emang kan kalo ngetik bisa mikir dulu, bisa nggak langsung ngerespon. Kalo ketemu langsung responnya harus spontan uhuyyy. Sering ngerespon dengan cara yang salah, ntar nyesel "kok tadi gak begini aja ya?". Pas udah kepikiran kayak gitu, momennya lewat. Why does it always feel like that? Sial. Kenapa aku nggak bisa respon ce...
Read post

355

Hari-hari ini penuh dengan layar. Rasanya aku ngeliat layar di keseluruhan hariku. Ya, termasuk waktu bikin tulisan ini juga aku ngeliat layar. Gimana nggak ngeliat layar, mahasiswa kuliah IT, lagi di tahap sempro. Capek juga mataku, semoga kemampuan penglihatanku yang udah kurang ini nggak lebih menurun lagi. Nggak ada biaya buat beli kacamata cuy wkwk. Seharian ini aku ngerjain laporan. Kemaren nggak nyentuh laporan, file laporan cuma dibuka, nggak dikerjain. 2 hari sebelumnya aku ngerasa ud...
Read post

333

Aku harus tidur. Tapi rasanya enak banget kayaknya ngelamun hari ini, sambil nunggu nyamuknya pergi. Ganggu parah astaga. Ternyata sekian hari ini aku nggak naruh fokus ke apa yang bener-bener perlu aku selesaikan. Jangan sampe aja semuanya lepas dari kendali, EH TIDAKKK :( Waktu itu udah agak seneng karena aku bisa maju. Tapi aku kadang ngelupain fakta kalo temen-temen udah lebih jauh lagi. Aku rasa aku masih belom bisa se-efisien itu kalo kerja. Fokusku masih gampang buyar, pikiranku kadang...
Read post

292

Baru mau pulang tapi malah hujan deres... Sebenernya aku mau pulang dari tadi, tapi tadi cuacanya puanaaaassss banget. Terus sekian menit kemudian malah mendung, terus hujan nih kayaknya. Semoga hujannya cepet reda. Aku ngerasa kurang tidur, pusing. Pengennya tidur, tapi tadi aku malah minum kopi wkwk. Masih ngerasa ngantuk sih. Keadaan otakku sekarang kalo mau diajak kerja ya hayuk, kalo diajak tidur ya bisa tidur juga. Enak. Tadi aku ngumpulin dataset, semoga berguna datasetnya ya. Atau mun...
Read post

286

Pagi-pagi udah deg-degan dan ngerasa bersalah aja nih pak. Kan tadi udah semangat. Wkwk yah begitulah saat aku dihadapkan dengan kenyataan yang terjadi di hidupku. Aku jarang nulis di sini ya sekarang. Jarang nulisin apa yang aku rasa, kebanyakan cuma nulis apa yang aku lalui hari ini di diary. Yah begitulah kehidupan orang sok sibuk. Padahal selama ini waktuku habis buat apa aja sih? Ngegabut, belanja, kadang ada kerjaan, mencoba belajar tapi nggak ada yang masuk ke otak. Apa selama ini aku ...
Read post

283

"It's clear that at this point you're just finding ways to have fun every day. It's not a bad thing, but when you spent the entire day figuring that out, you'll be lost and end up not completing anything. When you're busy having fun and ignoring all the things you have to do. Iya, itu keliatan di saat kamu bilang kamu mau istirahat saat kerja, tapi di waktu istirahatmu kamu malah main hape nyari macem-macem. Kamu udah bohongin dirimu sendiri. Hampir tiap hari. Nggak mikir kalo dirimu sakit kar...
Read post

282

Lagi-lagi nulis di sini. Tadi padahal udah ngantuk, tapi sekarang aku aktif lagi. Aku sempet request di radio sih, mungkin nunggu laguku diputerin dulu baru tidur. Seneng banget emang ngontrol playlist di radio, dulu nggak pernah ngelakuin ini. Kebetulan radionya lagi ada bukaan penyiar... pengen daftar tapi aku tidak aktif di sosial media wkwk. Tadi sempet ada hujan lewat di sini, cuma pergi lagi. Udara agak dingin. Gimana ya, sedikit pengen ada hujan sih aku. Tapi biar besok pagi langsung cer...
Read post

281

Numpang nulis lagi di sini ya. Aku sering dibilang sama orang tua kalo aku nggak punya temen. Well, apa bener? Kadang aku ngerasa itu salah. Cuma karena aku nggak pernah ngajak temenku buat ke rumah bukan berarti aku gak punya temen ye. Emang sih sejak kuliah cuma 1 orang yang pernah ke rumahku. Harusnya bisa lebih banyak lagi. Cuma mungkin emang itu bener, aku nggak punya temen. Sering banget aku ngerasa sendiri. Kayak tadi pas ke kampus, ekspektasinya ketemu orang yang aku kenal, eh tau-tau ...
Read post

280

Aku jadi keinget jaman-jaman aku PKKMB, jaman aku jadi panitia. Sebenernya udah 2 kali sih jadi panitia, tapi sekarang aku ngebayangin lagi kalo diriku sendiri ada di acara itu lagi. Wkwk pengen ngurusin anak baru secara offline. Aku rasa aku perlu kenal adik tingkat lagi, tapi udah nggak bisa :(( aku sudah harus lebih fokus sama TA. Kira-kira aku tetep bisa kenal orang baru nggak ya di tahun ini? Aku udah ngantuk, tapi aku bosen tidur. Karena aku udah sering tiduran, rebahan :) kadang aku sad...
Read post

279

Hey, kenapa aku belom tidur? Duh baru juga abis sakit, udah ngelanggar jam tidur lagi. Emang sih baru sejam yang lalu aku ngurusin peserta workshop. Gara-gara dipaksa kerja sampe malem, badanku cepet minta tidur. Tapi giliran aku udah mau tidur, pikiran malah belom mau diajak istirahat wkwk. What sums up today? Oke, mungkin aku hari ini belum bisa nuntasin sesuatu sampe kelar banget, tapi aku ngerasa udah ngelola waktu sebaik yang aku bisa hari ini. LMAO. Pas pagi aku berusaha ngerjain beberapa...
Read post

278

Kenapa ya hampir tiap hari tuh aku nggak punya kesempatan untuk bikin diri sendiri bangga. Selalu aja aku ngerasa rendah, direndahin sama keadaan. Seolah-olah aku gak bisa ada di atasnya standar orang-orang. Iya, aku udah gak pernah ngerasa sombong lagi, tapi pengen gitu sesekali bikin diri ini songong gitu HAHA, tentunya songong yang classy la. Yah mungkin itu bukan hal yang dibuat untukku. Aku capek ngerasa rendah. Sepertinya aku emang harus bisa bikin pencapaian tiap hari. Iya, aku udah p...
Read post